17 August, 2007

Time Management

Rutinitas...mungkin buat sebagian orang..kata itu berkonotasi negatif..sebagian orang berpendapat sebaliknya...bahwa rutinitas itu berkonotasi positif. Gua akuin...gua termasuk sebagian orang yang menganggap bahwa rutinitas itu negatif. Menurut gua rutinitas itu menjemukan dan berat untuk dilakukan. Buat gua untuk melakukan rutinitas tiap hari diperlukan disiplin yang tinggi dan time management yg bagus.

Contohnya bokap gua, rutinitas dia tiap hari adalah: bangun jam 4.30 pagi...shalat subuh..mandi...langsung mantengin komputer (blom ganti baju kantor) untuk ngecek kerjaan, email dll...sarapan jam 7 (tepat pada saat gua bangun) ...balik lagi depan komputer..jam 7.45 mulai ganti baju...dan jam 8 berangkat.

Sedangkan gua?..boro2...subuh aja susah bangun..walaupun ampir tiap hari niat...bangun pagi aja..sangat fluktuatif. Bisa mulai dari jam 6 pagi sampai paling siang jam 7.50 pagi. Sebenernya masalah kaya gitu kan gampang solusinya..yah jangan tidur malem lah..plg ngga jam 12 malem udah harus tidur, cuman yah kembali lagi ke masalah disiplin, fokus dan time management. Harusnya tidur jam 12..tapi malah sering kebablasan..tidur jam 2 ato jam 3..ngerjain hal2 laen seperti ceting, brosing, ngerjain kerjaan,dll. Itu dia...soalnya time management nya berantakan.

Pulang kantor jam 8 lah, abis itu makan sampe jam 8.30. Nah abis itu yang berat tuh..cape kan...trus kenyang lagi...langsung males ngapa2in...solat males..baca buku males...pengennya males2an..alhasil dari jam 8.30 sampai jam 2 ato jam 3 pagi biasanya diisi dengan nonton tv..ceting..brosing..dll. Bandingin sama orang yang disiplinnya tinggi...pulang kantor jam 8. Makan sampe jam 8.30..nonton tv sampai jam 10. Jam 10 sampai jam 12 bisa ceting/brosing ato baca buku yang berguna. Jam 12 teng tidur...matiin lampu. Soal kerjaan? yah kerjaan harusnya gak dibawa ke rumah lah...harusnya kerjaan udah selse di kantor. Jadi harusnya gua gak ngerjain tugas kantor di rumah..lagi2 time management. Mantep kan?..gua yakin juga pasti bangunnya gak bakal susah...jam 6 pasti udah bangun dan hidup pasti terasa lebih teratur..in the end u will feel good about your self.

Nah sejak awal bulan nih..gua udah bertekad pengen jadi disiplin,fokus sama punya time management yang bagus. Udah lumayan sih...sekarang (agak) disiplin soal shalat...walaupun subuh masih sering kelewat..masalahnya soal tidur juga masih susah sih...kadang2..masih jam 1 atau jam 2 tidurnya. Tapi it's improving lah. Gua gak pernah telat lagi bangunnya, paling telat tuh gua bangun jam 6.15 sekarang..:)

Next...harus bisa nih solat 5 waktu dapet...trus berangkat dari rumah paling ngga jam 6.40 dan tidur paling lambat jam 12. Seperti kata AA Gym...intinya pengendalian diri! Semuanya yang menentukan kita sendiri bukan orang lain. Ok..wish me luck!

No comments: